Yamaha MIOSOUL 2008 (MEDAN)
Mau paket kilat atau normal aja? Urusan seperti ini serahkan ke Ilham Syahputra, modifikator Medan yang ikutan juga di Yamaha Mofest Modification 2, Region III, Medan. Garapannya pakai jurus jitu bergerak kilat."Dikerjakan untuk contezt Yamaha Mofes. Kapan lagi kalau nggak sekarang? Ini pun lama karena banyak motor yang juga mau ikutan juga," bilang Ilham Syahputra yang nama bengkel modifikasinya M37, Medan.
Jurus kilat Ilham bisa dipakai buat sobat yang juga pengin buru-buru ikutan contezt. Karena kebanyakan pasien di bengkel, pakai cara Ilham. Ide dan hasilnya pun enggakkelihatan dikejar waktu. Palingan dikejar pemilik motor yang memang pengin banget turun di Yamaha Mofest 2, Medan.
Taktiknya sih enggak bikin rombakan besar di bodi. Cukup mengandalkan bodi asli bawaan Yamaha Mio. "Kalau bikin bodi baru total dari depan ke belakang butuh lama. Minimal 1,5 bulan. Itu pun jangan nyentuh motor lain," bilang Ilham yang bermarkas di Jl. Megawati, No. 37, Medan.
Bodi baru butuh cetakan dan desain anyar. Ini belum terhitung pengecatan. Nah, mengandalkan cover aslinya Mio Soul enggak banyak makan pikiran yang bisa makan fiber karena pusing cari ide.
Lagian, bodi baru total diganti dengan olah fiber berisiko mengalami
kegagalan. Kegagalannya pas pemasangan kalau lubang-lubang baut di bodi enggak
pas untuk braketnya di rangka.
Di bagian depan seperti mulut kodok yang pastinya Ilham enggak mencontek mulut kodok benaran. Tapi, moncong depan YZR-M1 yang memang tampang depannya mirip katak. Di M1 corong katak buat airscoop dan sekaligus mengarahkan angin supaya enggak menghambat motor di kecepatan tinggi.
Di bagian depan seperti mulut kodok yang pastinya Ilham enggak mencontek mulut kodok benaran. Tapi, moncong depan YZR-M1 yang memang tampang depannya mirip katak. Di M1 corong katak buat airscoop dan sekaligus mengarahkan angin supaya enggak menghambat motor di kecepatan tinggi.
Cover depan asli Mio didesain ulang sampai menemukan bentuk moncong. Pengolahan enggak perlu cetakan baru. Cukup mulut motor dicoak dan dibentuk. Fiber hanya dipakai hanya untuk menyempurnakan moncong.
Begitu juga bodi samping kanan-kiri. Cover asli kanan-kiri dipotong setengah dan disambung pakai fiber untuk bodi baru. Tentunya fiber yang menyambung bodi potongan didesain ulang mendekati buntut M1.
"Cara ini enggak bikin pusing mikirin lubang baut cover. Pokoknya cepat," bilang Ilham.
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Deli Tire 120/70-14
Ban belakang : Deli Tire 140/70-14
Knalpot : SND Racing Concept
Pelek depan : 5 inci Honda Jazz
Pelek belakang : custom Honda Jazz
Penulis/Foto : Niko/Herry Axl
waroengkopikoe
0 komentar:
Posting Komentar