Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

MOTORplus - Online

| Bagi teman teman diluar kota yang ingin memesan onderdil modifikasi seperti yang ada di halaman rubrik, dapat menghubungi kami melalui kolom komentar dengan meninggalkan nama, nomor handphone yang bisa dihubungi atau sms, atau alamat email. Kami akan segera membalas dan mengkonfirmasi estimasi biaya termasuk biaya pengiriman |

Serba Eksperiment

Written By pijar mentariku on Selasa, 08 Juni 2010 | 02.54

Yamaha MIOSOUL 2007 (Cirebon)



Eksperimen jadi cara yang mesti dilakoni setiap modifikator. Kalau builder nggak nyali bereksperimen, sebaiknya berhenti jadi builder. Mending jadi pedagang variasi aja cuy. Makanya, Berry Agus Roterman, pemilik terus bikin eksperimen meski hasilnya bikin banyak orang meragukan.
Contoh di Mio Soul garapan
Berry yang turun di Yamaha Mofest Modification Contest 2, Region II, Bandung. Bagian belakang hasil dari eksperimennya butuh waktu 5 bulan. "Sampai sekarang dipakai harian. Kecepatan motor sanggup tembus 80 km/jam," beber Berry dari Rumah Matic (RM), Cirebon, Jawa Barat.

RM bersama Mats Custome, Sumedang, Jawa Barat, bikin bagian belakang Mio Soul ekstrem. Sumbu roda jadi molor semolor-molornya. Kayaknya roda terpisah dari kesatuan motor. "Saya panjangkan 30-35 cm," jelas Berry yang baru jadi warga Cirebon 7 bulan lalu.

Sumbur roda molor 35 cm cukup berani. Seandainya mengandalkan undur-
undur alias engine hanger variasi yang dirancang ulang bisa diragukan kekuatannya. Makanya, Berry percaya untuk bikin sendiri.

Konstruksi, jenis dan ketebalan pelat mirip undur-undur variasi. Tapi, ada bagian diperkuat dengan menutup sebagian dan menambah palang.

Eksperimen pun dijajal dengan bikin pelek monoblok pakai akrilik. Bagian tengah pelek mobil dibuang. Bagian pelek yang akan dilubangi untuk jari-jari dilapisi akrilik. "Ketebalan akrilik 2 cm dari dua lapis akrilik 1 cm dibikin jadi satu," ujar Berry.
Supaya menempel, akrilik yang tebalnya 2 cm diikat pakai baut 12 di enam titik. Semuanya baut itu akan jadi penentu kalau ukuran baut salah. "Semuanya mesti baut 12. Supaya kuat guncangan," bilang Berry
.
Begitu kelar, baru deh dijajal untuk tes kemampuan dan kekuatan garapan
Berry. Lebih dari 60 km Mio Soul dengan sumbu roda eksperimen.

Sebelum menemukan teknik pemasangan dan komponen yang ideal, bagian sumbu roda dan pelek sedikit bermasalah. Ada bagian yang kendur atau goyang karena kena goncangan jalan raya. Sekarang sudah gak masalah lagi.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Deli Tire 140/70-14
Ban belakang : Deli Tire 140/70-14

Pelek : Custom

Sok belakang : YSS

Spidometer : Kosso
RM : 0852-2218-6456

0 komentar:

Posting Komentar