Berawal dari hobi motor yang sudah dialami sejak kecil, sehingga ngemodif motor seolah-olah jadi darah yang mengalir dalam diri Ahmad Fakhri Akbar. Buktinya doi enggak pernah punya motor yang kondisinya seperti bawaan pabrik.
Semua motor yang pernah nongkrong digarasi rumah pria lajang ini selalu tidak membiarkan tampilan motornya standar ting-ting. Seperti pada Honda Vario Techno miliknya.
Walaupun ubahannya tidak terlalu ekstrem, namun doi pede dengan tampilan motor yang punya tema puzzle. Menurut pria yang bekerja sebagai pegawai tata usaha di MAN 6 Jakarta ini, tema puzzle itu terlihat pada desain airbrush yang dibikin. “Selain itu tema airbrush dengan bentuk puzzle itu masih jarang. Selama ini jika diperhatikan model airbrush kebanyakan mengambil konsep kanibal dan abstrak,” tambahnya.
Ketika proses pengecatan, pria asli Betawi ini mengaku motif puzlle itu ternyata sama saja kayak kita sedang maen puzzle, butuh konsentrasi yang tinggi. Maklum bro, proses pengecetan dilakukan sendiri, doi hanya dibantu Cacam dari C2M di Jl. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. “Memang sih ngecatnya di bengkel airbrush, tapi dari mulai ngamplas sampai grafis dilakukan sendiri,” beber Aii Bolang, sapaan akrab Ahmad.
Nah, agar terlihat tidak monoton, motif puzzle tadi dipadukan dengan desain semi tribal. “Dikombinasi dengan warna biru, hijau, kuning dan merah agar terkesan ceria,” bilang Aii.
Selain bodi, agar tampilan makin
sip. Aii membuat kelir cover CVT menjadi lebih menarik. Caranya cover CVT
aslinya dikrom, setelah itu penutup belt itu lalu dilebur menggunakan cat candy
berwarna gold. Alasannya sih, agar tampilannya makin keren.
Ubahan lainnya ada pada bagian sakelar. Walaupun sakelar yang berada pada bagian setang dibiarkan standar, namun fungsinya sudah tidak seperti aslinya. Panel klakson dipindah ke panel elektrik starter. Hal itu dilakukan bukan tanpa sebab, agar kesannya seperti Vario yang beredar di Thailand. Selain itu jika dilihat dari fungsinya efeknya bisa lebih safety karena maling tentu akan bingung, ketika sakelar starter dipencet bukan mesin yang bunyi tetapi klakson. Sehingga maling berfikir itu alarm.
Langkah yang dilakukan, agar panel klakson dan panel starter bisa ditukar, cukup menambah kabel sepajang 10 cm. Kabel tadi disambungkan pada kabel starter dan kabel klakson, sehingga kedua panel itu bisa berpindah rumah.
Agar terlihat eye catching ketika motor diajak nongkrong, Aii menambahkan stabilaizer pada bagian jok. Sehingga ketika kunci bagasi dibuka, jok akan terbuka dengan sendirinya. “Saya pasang stabilaizer pada jok belakang itu selain agar terlihat eye catching, juga biar enggak ribet ketika mengisi bensin,” kata Aii.
Terakhir, sebagai aroma pemanis. Aii memberi nuansa krom pada sokbreker depan, handel rem, standar tengah dan samping. Tujuannya agar motor lebih terlihat elegan. (motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Mizzle 2,25-17
Ban belakang : Mizzle 2,25-17
Knalpot : DBS
Sokbreker : YSS
Penulis : Hanggi | Teks Editor : KR15 | Foto : Endro Ubahan lainnya ada pada bagian sakelar. Walaupun sakelar yang berada pada bagian setang dibiarkan standar, namun fungsinya sudah tidak seperti aslinya. Panel klakson dipindah ke panel elektrik starter. Hal itu dilakukan bukan tanpa sebab, agar kesannya seperti Vario yang beredar di Thailand. Selain itu jika dilihat dari fungsinya efeknya bisa lebih safety karena maling tentu akan bingung, ketika sakelar starter dipencet bukan mesin yang bunyi tetapi klakson. Sehingga maling berfikir itu alarm.
Langkah yang dilakukan, agar panel klakson dan panel starter bisa ditukar, cukup menambah kabel sepajang 10 cm. Kabel tadi disambungkan pada kabel starter dan kabel klakson, sehingga kedua panel itu bisa berpindah rumah.
Agar terlihat eye catching ketika motor diajak nongkrong, Aii menambahkan stabilaizer pada bagian jok. Sehingga ketika kunci bagasi dibuka, jok akan terbuka dengan sendirinya. “Saya pasang stabilaizer pada jok belakang itu selain agar terlihat eye catching, juga biar enggak ribet ketika mengisi bensin,” kata Aii.
Terakhir, sebagai aroma pemanis. Aii memberi nuansa krom pada sokbreker depan, handel rem, standar tengah dan samping. Tujuannya agar motor lebih terlihat elegan. (motorplus-online.com)
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Mizzle 2,25-17
Ban belakang : Mizzle 2,25-17
Knalpot : DBS
Sokbreker : YSS
waroengkopikoe
0 komentar:
Posting Komentar