Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

MOTORplus - Online

| Bagi teman teman diluar kota yang ingin memesan onderdil modifikasi seperti yang ada di halaman rubrik, dapat menghubungi kami melalui kolom komentar dengan meninggalkan nama, nomor handphone yang bisa dihubungi atau sms, atau alamat email. Kami akan segera membalas dan mengkonfirmasi estimasi biaya termasuk biaya pengiriman |

Ngintip Komputer

Written By pijar mentariku on Jumat, 03 Juni 2011 | 01.31

SUZUKI SKYDRIVE 2009 (Jakarta)


Sepertinya era mengandalkan ingatan di otak sudah bergeser digantikan dengan komputer untuk airbrush. Waktu tangan bergerak mengarahkan paint brush ke bodi motor enggak cuma ngelihat contoh gambar aja. Tapi, sketsa dasar dan penentuan kelir sudah terpampang di layar monitor.

Jaedun dari JJ Airbrush, Jakarta, melakukan konsep tokoh kartun Joker di komputer. JJ, panggilan dekat Jaedun, sudah melakukan itu lebih dari tiga tahun sebelumnya.

Karya JJ dikenal sempurna di detail. Sepintas kalau dilihat seperti memindahkan gambar ke bodi motor. Sangat sedikit banget warna melebar di luar garis.

MOTOR Plus sendiri pernah lihat bagaimana JJ mendemonstrasikan keahliannya mengecat dengan konsep yang sudah dibuat di komputer. Waktu itu di salah satu stan jaringan motor Jepang di PRJ sekitar 4 tahun lalu.


 “Desain gambar dan penentuan warna di komputer mempermudah kerja. Bisa diperkirakan awal dari gerakan tangan waktu menggerakan paint brush,” jelas JJ yang buka workshop di Kayu Manis, Jakarta Timur.

JJ mengandalkan komputer bukan gaya-gayaan. Kebutuhan otak dengan digital penting banget buat kesempurnaan hasil yang diinginkan. “Paling tidak, saya merasa yakin waktu buat garis atau apapun. Soalnya kalau ragu, hasil pengecatan pasti enggak maksimal,” bilang JJ yang menyebut konsep gambarnya di Skydrive sebagai Community of Joker.

Memang, teknik dasar JJ mengecat tokoh Joker sangat mengandalkan free hand. Free hand punya kemiripan dengan hands ball yang sama-sama mengandalkan tangan. Artinya, sih murni mengandalkan kemahiran tangan waktu menggoyang alat penyemprot ke bodi motor.



“Saya punya prinsip jenis cat apapun, hasilnya akan ditentukan tangan yang ngecat. Kalau yakin, hasilnya pasti sesuai yang diinginkan,” beber JJ yang sekarang sedang menggarap motif wayang.

Dasar motif dan pilihan kelir yang sudah digarap di komputer bikin pede. Mengurangi risiko pengulangan semprotan di satu tempat. “Makanya, ada beberapa hasil airbrush yang garisnya jadi kelihatan sedikit lebih tebal, tapi di bagian lain lebih tipis,” ujar JJ.





DATA MODIFIKASI

Ban depan : Swallow 120/70-14 
Ban belakang : Swallow 160/80-14
Pelek : custom
Spidometer : Koso
Handgrip : Protaper 
Spion : RMP 
Sok belakang : Yamaha Jupiter MX135

Penulis/Foto : Niko/Indra GT
  

waroengkopikoe

0 komentar:

Posting Komentar