Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

MOTORplus - Online

| Bagi teman teman diluar kota yang ingin memesan onderdil modifikasi seperti yang ada di halaman rubrik, dapat menghubungi kami melalui kolom komentar dengan meninggalkan nama, nomor handphone yang bisa dihubungi atau sms, atau alamat email. Kami akan segera membalas dan mengkonfirmasi estimasi biaya termasuk biaya pengiriman |

Sayang, Gak selesai

Written By pijar mentariku on Senin, 31 Oktober 2011 | 01.42

YAMAHAMIO 2008 (Sleman)


Enggak kebayang kalau Yamaha Mio garapan Napa Moto Design (NMD) tuntas dikerjakan saat turun jadi kontestan Yamaha Mofest Modification Contest 2, Region 1, Jogja. Mungkin aja konsep modifikasi yang diusung NMD akan sempurna.Temanya sih lumayan sip, Technology Meet Design.



"Modifikasi bodi dan teknologi mesin disatukan. Itu mau saya. Sayang, baru 80% selesainya nih motor. Mepet, Bro," bilang Rudy Prasetyo, pemilik dan modifikator NMD yang bermarkas di kawasan Cepit Baru, No. 451, Depok, Sleman, Jogja.

Wah, konsep sih boleh juga, tapi karya belum 100% selesai berarti modifikasi tinggal konsep aja. Padahal, lihat tangan dingin yang bukan karena banyak megang es NMD sangat tinggi di kualitas pengerjannya. "Banyak komponen seperti variasi umum, tapi kami bikin sendiri," ungkap Rudy yang lama di Amrik ngambil S2 Manajemen.



Tengok satu per satu bagian handmade NMD. Cover bodi yang dikelir lidah api enggak lagi pakai fiber. Pelat galvanis jadi material dasar yang dibentuk untuk jadi cover bodi Mio. "Susah ngetok dan ngatur ulang galvanis supaya jadi cover yang mirip dengan aslinya," bilang Rudy.

Di sini kelemahannya. Bodi dibiarkan telanjang alias seperti kerjaan yang belum rampung. Seandainya diselesaikan tuntas, pasti ngomongin rancangan cover bodi aja sudah panjang. Paling konsep tekukan supaya jadi mirip cover bodi asli.




Bagian detail diusahakan sempurna. Seandainya enggak ada sekrup atau braket yang cocok, NMD sanggup bikin sendiri. Artinya, hasil modifikasi siap dikerjakan manual, tanpa nunggu barang jadi.

Lihat aja deh, bagian yang telanjang dan kurang resik kayak di rumah komstir dan teromol, ditutup barang yang dibuat langsung NMD. "Makanya banyak yang nganggap modifikasiku mahal, padahal hitungannya sih wajar karena kan dibuat sesuai order," bilang Rudy yang juga sering bolak-balik Jakarta untuk jadi konsultan.

Nah, konsep desain ditemukan lewat teknologi kelihatan jelas menggunakan dua CDI. Dua pengatur pengapian ini ditaruh di sisi bodi. "Di sini teknologinya. CDI mengatur waktu pengapian yang bisa ditentukan si pemakai motor ini. Bukan cuma pajangan lho, CDI berfungsi," ucap Rudy yang juga sudah membore up Mio jadi 180 cc.

Konsepnya boleh tuh. Sayang, belum selesai dikerjakan hingga tampak masih belum sempurna.

DATA MODIFIKASI

Ban depan : Michellin 120/60-14
Ban belakang : Swallow 150/60-14
Pelek depan : 3,00 x 14
 
Pelek belakang : 6,5 inci (pelek mobil)
 
Sok depan : Gazi

Penulis/Foto : Niko/GT

waroengkopikoe

0 komentar:

Posting Komentar