Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

MOTORplus - Online

| Bagi teman teman diluar kota yang ingin memesan onderdil modifikasi seperti yang ada di halaman rubrik, dapat menghubungi kami melalui kolom komentar dengan meninggalkan nama, nomor handphone yang bisa dihubungi atau sms, atau alamat email. Kami akan segera membalas dan mengkonfirmasi estimasi biaya termasuk biaya pengiriman |

Konsep Turing Elegan

Written By pijar mentariku on Selasa, 18 September 2012 | 05.07


HONDA PCX125



Daeng Hilmi salah satu penggemar skubek berbodi bongsor. Ya, seperti Honda PCX miliknya ini. Makanya, skubek mewah keluaran Honda ini jadi andalan transportasi sehari-hari pria yang bekerja di Astra Grafia itu.

Tapi, bapak 3 anak ini tak mau penampilan PCX kesayangannya standar. Apalagi doi gabung juga dalam Honda PCX Club Indonesia (HPCI). Karena Hilmi getol cari informasi bengkel modifikasi, akhirnya bertemu Budi Big Modification (BBM). Memang enggak salah deh kalau ketemu modifikator ini.

Urusan konsep, sang owner kurang paham mau diapain nih motor. Pokoknya dipercayakan sepenuhnya pada sang builder. “Dibuat lebih elegan dengan warna coklat asli bawaan pabrik dan kombinasi titanium di beberapa bagian,” cetus Big, sang modifikator.

Ubahan mencolok di PCX ini ada pada area kaki-kaki yang sudah gambot. Skubek pertama bagi pria 38 tahun ini, dijejali kaki-kaki dari Piaggio X9. Tam­pilan ban depan lebar, dibungkus sepatbor custom. Selain itu box samping kanan-kiri yang terbuat dari fiberglass tampak harmonis nempel di motor ini. “Pakai boks, buat mempermudah bawa perangkat kerja,” kata Big lagi.

Bagi Budi sang modifikator, soal pemasangan kaki-kaki seolah masalah mudah. Seperti halnya pemasangan sok depan. Diameter sok depan PCX yang berukuran 31 mm digantikan dari X9 yang berukuran 35 mm.

"Untuk pemasangannya segitiga asli PCX dipensiunkan dan bikin baru dari pelat besi tebal. Ukurannya, dibuat lebih lebar 3 cm,” ujar sang modifikator yang beralamat di Jl. H. Mugeni I, RT 04/04, Pisangan Lama 3 (depan mushola At-Taufiq), Jakarta Timur.

Sedang buat kaki belakang, hanya sebatas pemakaian pelek set saja. Tapi, agar pelek X9 berikut teromol bisa masuk tanpa kendala, as gir roda belakang PCX dibubut. Begitunya bentuk gigi di teromol dan as gir jadi sama. Jadi, power yang dihasilkan mesin dapat tersalurkan ke roda belakang secara sempurna.

Meski mengusung konsep elegan, tapi unsur sporty coba dimasukkan ke PCX ini. Salah satunya, lewat area setang kemudi yang ikut diganti produk aftermarket dari KTC. “Selain lebih gaya pengendaliannya, juga menurut saya lebih mantap,” yakin Hilmi, sang pemilik.

Bicara soal area penerangan! Di sektor lampu utama alias head lamp, Big mengawinkan berbagai tipe lampu. Sebagai pendaran cahaya utama, dihasilkan oleh lampu projektor. Tapi, biar tampil elegan juga maniez, ditambah efek tambahan dari lampu angel eyes.

Sedangkan buat lampu belakang, hanya diberi bodi tambahan bagian atasnya. Itu pun lewat pemakaian boks. Tapi, karena pakai boks, lampu sein belakang jadi terhalang. Mengakalinya, lampu sein ini dimundurin sekitar 5 cm. Begitunya lampu sein bisa terlihat jelas ketika diaktifkan.

Kini lewat ubahan yang dilakukan, Hilmi pun makin enggak sabar buat pergi-pulang alias 'turing' kantor bersama PCX kesayangannya ini. 
 (motorplus-online.com)  

DATA MODIFIKASI
Ban depan    : Swallow 120/70-14
Ban belakang  : Swallow 140/60-14
Master rem    : Kitaco
Sok belakang  : YSS
BBM : 08568066310


Penulis : Ismet | Teks Editor : KR15 | Foto : David



waroengkopikoe

0 komentar:

Posting Komentar